Cara Membeli Saham Online untuk pemula

Kayanya kita ga perlu bahas apa itu saham ya, yang akan kita bahas adalah bagaimana cara membeli saham secara online, atau trading saham secara online. dan saya coba berbagi cerita berdasarkan pengalaman pribadi

Sebelum ada teknologi online trading, Membeli saham itu gampang-gampang tapi sulit. tapi kita coba bahas dari langkah paling awal ya.

Langkah 1.
Buka rekening di perusahaan Sekuritas. saat ini saya punya rekening saham di 2 sekuritas yang memiliki platform online trading. Untuk bisa mulai membeli atau menjual saham, kita harus membuka rekening layaknya membuka rekening tabungan di Bank.
Bedanya, ini kita datang ke perusahaan sekuritas. yang saat ini saya gunakan adalah Mirae Aset dan Indopremier Sekuritas

Langsung saja hubungi cabang sekuritas tersebut, pasti langsung di layani. Saldo minimal untuk pembukaan rekening beragam, tergantung kebijakan perusahaan.

Langkah 2.
setelah punya rekening, kita tinggal cari aplikasi online trading HOTS (Mirae Asset) atau IPOT (indopremier) dan install di handphone, atau bisa juga download aplikasi untuk di install di desktop. kemudian login dengan username dan password yang sudah terdaftar.

Langkah 3.
Cari menu stock order, disinilah kita akan mulai membeli saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. setelah masuk ke menu stock order, ketik ticker saham yang diinginkan.

Saran saya, mulailah dengan membeli saham-saham bluechip, dengan kapitalisasi perdagangan yang besar. relatif aman.
misal saham BCA, ketik BBCA, atau Telkom, ketik TLKM

kemudian perhatikan angka bid dan offer. bid itu harga antrian yang berniat membeli saham tersebut. sedangkan offer itu adalah harga antrian yang berniat menjual saham tersebut.

pada gambar di atas antrian pembelian yg bersedia membeli dengan harga paling mahal adalah di harga 26.225 per lembar. dengan antrian 1.256 lot (1 lot=100 lembar)

sedangkan antrian yang bersedia menjual dengan harga terendah ada di level 26.250 dengan antrian 671 lot.

kalau saat itu juga kita mau langsung membeli, bid lah dengan harga offer terendah di 26.250, jumlah lot tergantung keinginan. dan sebaliknya ketika menjual.

kecuali kita bersedia menunggu dalam antrian (tidak menjamin dapat atau terjadi transaksi) kita bisa pasang antrian selain itu, misalnya kita ingin beli, tapi di 26.100 supaya dapat lebih murah, tapi ini tidak menjamin dapat transaksi, karena belum tentu hari itu, harga menyentuh level yg diinginkan.

segitu dulu penjelasan awal cara membeli saham bagi pemula dengan platform online trading. kalau mau tanya bisa lewat komen, ok?