Cara Naik MRT Jakarta

beberapa minggu lalu, saya dan keluarga mencoba MRT Jakarta yang baru. nah di tulisan ini saya coba sharing gimana cara naik MRT Jakarta.

nah di tulisan ini saya coba sharing gimana cara naik MRT Jakarta.

tentunya tulisan ini ditujukan buat kawan-kawan yang memang belum pernah sama sekali naik MRT baik di Indonesia atau di luar negeri.

Kalau benar-benar niat coba naik MRT untuk senang-senang, saya menyarankan parkir di Plaza Indonesia area bundaran HI. karena yang pasti parkiran aman, selain itu, pintu stasiun MRT sangat dekat dengan pintu keluar Plaza Indonesia, jadi ga perlu jalan jauh untuk panas-panasan di siang hari.

saat artikel cara naik MRT ini ditulis ada beberapa fakta yang mungkin penting diperhatikan:

RUTE MRT JAKARTA

MRT yang beroperasi adalah Bundaran HI – Lebak bulus dan sebaliknya

Stasiun yang tersedia: Lebak bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, Sisingamangaraja, Senayan, Istora, Bendungan Hilir (Benhil), Setia Budi, Dukuh Atas, Bunderan HI. Total ada 13 Stasiun.

CARA BELI TIKET MRT

Jenis tiket yang dapat digunakan ada 3 jenis: Single Trip, Multi Trip, dan bisa menggunakan E-money. Tiket dapat diperoleh di mesin tiket otomatis yang tersedia di tiap stasiun.

Single Trip: dipakai hanya untuk satu kali perjalanan, dapat diisi tiap kali ingin melakukan perjalanan

Multi Trip: dapat di pakai untuk jangka panjang.

Satu Tiket hanya berlaku untuk 1 penumpang.

Coba tonton video tentang cara beli Tiket MRT ini

GATE Stasiun MRT

setelah membeli Tiket, kita harus masuk melalui gate, seperti halnya halte TransJakarta. bedanya, Gate di Stasiun MRT akan selalu dalam posisi terbuka, dan hanya akan tertutup ketika, akses masuk di tolak.
Tap kartu di gate yang menunjukkan panah hijau.

Cara Naik MRT: cara tap kartu MRT di pintu masuk MRT
gate pintu masuk Stasiun MRT

Jika membutuhkan bantuan ketika bingung cara naik mrt atau ada masalah dengan pintu masuk, bisa tanya ke Front Office yang ada di dekat pintu masuk.

untuk kartu single trip, kita bisa lakukan refund ke petugas setelah selesai melakukan perjalanan.

ANTRI SEBELUM NAIK KERETA

Salah satu “budaya” baru yang perlu diperhatikan mengenai cara naik mrt, ketika mengantri sebelum menaiki kereta, dahulukan orang yang akan keluar turun dari kereta, sementara yang mengantri masuk, posisinya berada di sisi kiri dan kanan pintu. kosongkan jalur tengah, sampai seluruh penumpang habis turun.

PERJALANAN MRT

Sebagai estimasi waktu, total perjalanan yang dibutuhkan dari Bunderan HI ke Lebak Bulus memakan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam,

harusnya semakin banyak kereta yang dioperasikan, jarak tempuh akan semakin cepat karena waktu tunggu antar kereta semakin cepat.

Jalur MRT sendiri berada di bawah tanah untuk stasiun Bunderan HI sampai Senayan. setelah itu, rel kereta akan berada di atas jalan hingga ke lebak bulus.

yang pasti jenis keretanya beda dengan kereta api antar kota dong hehe. lebih mulus

KEBERSIHAN

Perlu juga diperhatikan, di area stasiun MRT dan di dalam kereta tidak disediakan tempat sampah, dan tidak diperkenankan untuk makan dan minum.

jadi buat mendukung fasilitas MRT tetap bersih, sangat disarankan bawa totebag, waistbag atau backpack, untuk memudahkan menyimpan bawaan atau sampah sementara, misalnya struk pembelian. atau minimal di kantongin lah.

Perlu juga diperhatikan dalam cara naik mrt, di area stasiun MRT dan di dalam kereta tidak disediakan tempat sampah, dan tidak diperkenankan untuk makan dan minum.

jadi buat mendukung fasilitas MRT tetap bersih, sangat disarankan bawa totebag, waistbag atau backpack, untuk memudahkan menyimpan bawaan atau sampah sementara, misalnya struk pembelian. atau minimal di kantongin lah.

segitu dulu ya sharing cara naik MRT. kalau ada yang kurang nanti ditambahin lagi, atau boleh tinggalin komen. thanks

Untuk info update mengenai MRT bisa lihat di sini